Produk Indonesia

Rabu, 25 Juni 2014

Cara Menghindari Stres karena pekerjaan .


MARI JAUHI STRES KARENA PEKERJAAN YANG MENUMPUK





Baik stres ataupun depresi, adalah dua resiko menarik yang selalu terselubung dalam problematika dunia pekerjaan, dan kita tak bisa terhindar darinya. Mengapa kami bilang menarik? Karena keduanya sanggup menambahkan warna yang turut meramaikan pengalaman kita in a real life. Beban kerja, masalah atau tugas-tugas yang menumpuk memang seringkali menyebabkan stres atau depresi. Tetapi sebenarnya semua itu bisa diatasi, asalkan Anda bisa bersikap tenang dan tidak gegabah.

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari depresi dan stress.

Feed the Brain
Beri makan otak? Agak terdengar aneh memang. Tapi yang dimaksud di sini adalah, carilah makanan yang bisa memberikan stimulasi ke otak Anda. Makanan renyah seperti apel, efektif memberikan olahraga untuk gigi yang kemudian sinyal renyah dan aktivitas mengunyah tersebut akan dikirimkan ke otak, sehingga pada akhirnya semua rasa kesal akan tersalurkan. Bonusnya, zat nutrisi seperti folat, vitamin B6 dan B12 berperan dalam menjalankan fungsi otak yang benar.

Bernapas Dengan Benar
Saat kesal, kebanyakan orang terlihat menghela napas panjang dan sedikit berat. Bila dikaitkan dengan ilmu kedokteran, perilaku ini merujuk pada sistem kekebalan tubuh yang merespon secara instan terhadap setiap perubahan dalam pernapasan, karena itu merupakan sinyal ancaman. Helaan napas yang cepat dan dangkal, merupakan respon stres yang kemudian dikirimkan ke sistem kekebalan tubuh.

Saat terserang stres dan depresi, pelankan napas dan biarkan diafragma mengalami kontraksi penuh. Rasakan napas melewati seluruh paru-paru Anda, tahan sejenak untuk kemudian dihembuskan melalui mulut secara perlahan. Tindakan seperti ini, sangat efektif untuk membunuh stres dan depresi yang sedang menyerang dan membuat Anda lebih tenang dalam berpikir.

Kenali Diri Sendiri
Semua orang memiliki gayanya sendiri-sendiri, untuk melepaskan rasa marah. Temukan metode rileksasi yang berguna untuk diri sendiri, untuk kemudian disimpan dalam kotak pertolongan pertama. Mungkin bagi orang lain, rileksasi itu berupa obrolan dari hati ke hati yang diikuti perawatan spa, ada juga yang mengandalkan lantunan musik untuk meredam tuntas kekesalannya. Yang menentukan metode apa yang paling tepat, tentunya diri Anda sendiri.

Keluar Dari Perangkap yang Sama
Apakah Anda mengalami deja vu? Banyak orang melakukan hal salah yang sama di kantor maupun di rumah. Sebenarnya mudah untuk lepas dari situasi yang salah terus menerus itu. Segera keluar dari cerita lawas dan bahas dengan orang lain, sehingga Anda dapat perspektif yang berbeda. Beri diri sendiri kesempatan memeriksakan kenyataan agar menemukan akar dari masalah. Itu juga bisa ditemukan saat Anda berkonsultasi dengan terapis. Dengan bantuan terapis, Anda dapat membantu merevaluasi situasi.

Vitamin C Plus
Dalam poin terakhir, C yang dimaksud adalah Cinta atau Canda tawa. Faktanya, cinta dan canda tawa merupakan obat yang ampuh untuk mengobati kemarahan, ketakutan dan kekecewaan. Ketiganya merupakan sebuah emosi yang menandakan tubuh terancam bahaya. Cinta tak selalu berarti romantisme dari pasangan saja, karena pengertiannya bisa lebih luas dan sangat universal. Cinta bisa Anda dapatkan dari orangtua, hobi atau hewan peliharaan. Temukan aktivitas, yang memungkinkan Anda mendapat teman baru atau sahabat.



Tetap jaga diri anda, karena detik sekarang menentukan detik berikutnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar